Setiap tahun, Forbes menerbitkan daftar terbaru yang memeringkat miliarder dunia. Tidak seperti banyak industri, miliarder teknologi kebanyakan buatan sendiri. Banyak miliarder ini datang dari cara yang rendah hati dan, melalui kejeniusan mereka sendiri, mengubah dunia. Sampai hari ini, ini adalah sepuluh jenius teknologi terkaya, paling sukses di luar sana. Taksiran kekayaan bersih masing-masing anggota dalam daftar ini telah diperbarui pada 15 Oktober 2018.

Nomor 10: Azim Premji (diperkirakan kekayaan bersih $ 18,8 miliar)

Premji adalah taipan industri IT India dan Ketua Wipro. Dia juga seorang filantropis yang sangat dihormati dan merupakan orang India pertama yang menandatangani janji pemberian, berkomitmen untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya untuk amal.

Nomor 9: Paul Allen (diperkirakan kekayaan bersih $ 21billion)

Paul Allen adalah orang yang awalnya meyakinkan Bill Gates untuk keluar dari Harvard dan menemukan Microsoft Corp (MSFT). Allen meninggalkan Microsoft pada 1983 karena Hodgkins Lymphoma, tetapi tetap di dewan hingga tahun 2000. Ia mendirikan Vulcan Ventures, sebuah perusahaan modal ventura dan menjadi investor dan dermawan terkenal. Dia adalah pemilik Portland Trail Blazers dari NBA dan Seattle Seahawks dari NFL. Dia meninggal pada 15 Oktober 2018 pada usia 65 tahun.

Nomor 8: Michael Dell (perkiraan kekayaan bersih: $ 22,7 miliar)

Michael Dell mungkin bukan nama pertama yang muncul di benak ketika orang berpikir tentang para genius teknologi, hanya karena teknologi perusahaannya telah basi dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi perjalanan Dell yang luar biasa, menumbuhkan perusahaannya dari bisnis berbasis rumahan menjadi perusahaan yang sebelumnya diperdagangkan secara publik, sungguh luar biasa. Klaim perusahaan untuk ketenaran adalah model bisnis langsung-ke-konsumen yang menghemat biaya dan memaksimalkan efisiensi, yang mengarah ke PC dengan harga lebih rendah. Pada tahun 2013, Dell mengambil perusahaannya pribadi lagi dan telah melaporkan bahwa langkah tersebut mengubah bisnis.

Nomor 7: Jack Ma (diperkirakan kekayaan bersih: $ 39 miliar)

Mantan guru bahasa Inggris yang menjadi wirausahawan teknologi Jack Ma adalah orang terkaya di Cina. Pada tahun 1999, Ma dan sekelompok teman meluncurkan Alibaba Group Holding Limited (BABA) untuk mengatasi kurangnya kehadiran e-commerce di Cina. Saat ini, Ma’s Alibaba Group bernilai lebih dari $ 200 miliar dan mencakup properti seperti Alibaba.com, situs grosir e-tail yang mirip dengan eBay Inc. (EBAY) dan Overstock.com Inc. (OSTK), Alitrip, Alipay, dan banyak lagi .

Bilangan 6 dan 5: Sergey Brin (diperkirakan kekayaan bersihnya $ 48,8 miliar) dan Larry Page (48,8)

Pusat pencarian dan teknologi online yang namanya sekarang identik dengan pencarian online itu sendiri. Algoritma PageRank duo untuk menghasilkan hasil pencarian, dinamai Page, membantu mendorong Google dari proyek penelitian ke perusahaan publik hanya dalam lima tahun. Ini direorganisasi dengan nama Alphabet, Inc. pada tahun 2015, tetapi kebanyakan orang masih menyebutnya sebagai Google. Google adalah salah satu perusahaan teknologi paling penting di dunia saat ini, dengan unit bisnis yang jauh melampaui pencarian.

Nomor 4: Larry Ellison (diperkirakan kekayaan bersih: $ 58,5 miliar)

Pendiri Oracle Corp. (ORCL), Larry Ellison, terkenal karena ceritanya yang kaya raya. Ia beralih dari putus sekolah menjadi programmer otodidak menjadi miliarder, dan melalui kesuksesan Oracle, ia telah menjadi orang terkaya kelima di dunia. Ellison terkenal dengan gaya hidupnya yang mewah: dia memiliki kapal pesiar dan 98% pulau Hawaii, tetapi dia juga seorang dermawan yang luar biasa. Mungkin fakta yang paling menarik tentang Ellison adalah bahwa dia tidak terpapar teknologi sejak usia muda dan tidak memulai pemrograman sampai kuliah.

Nomor 3: Mark Zuckerberg (diperkirakan kekayaan bersih: $ 71 miliar)

Pendiri Facebook, Inc. (FB) Mark Zuckerberg keluar dari Harvard untuk meluncurkan bisnis yang telah mengubah cara hidup kita. Sepanjang jalan, ia kehilangan beberapa teman (seperti yang diceritakan dalam “Jejaring Sosial”), dan menunjukkan keberanian luar biasa dengan menolak tawaran pembelian $ 1 miliar dari Yahoo! Inc. (YHOO) baru dua tahun keberadaan Facebook ketika dia baru berusia 22 tahun.

Nomor 2: Bill Gates (diperkirakan senilai $ 90 miliar)

Bill Gates, salah satu pendiri dan dalang di balik Microsoft, terkenal karena sifatnya memberi melalui Bill & Melinda Gates Foundation, tetapi ia kurang dari memberi dalam bisnis. Gates dikenal karena sifat kompetitif dan kejamnya serta kecakapan teknologinya. Ia mendirikan perusahaan pertamanya, Traf-o-Data, pada usia 15, mendirikan Microsoft pada usia 20 dan menjadi miliarder pada usia 31. Setelah Microsoft memasuki bisnis sistem operasi, itu menjadi sukses, dengan sistem operasi Windows berfungsi sebagai standar di pasar PC sepanjang 90-an.

Nomor 1: Jeff Bezos (diperkirakan kekayaan bersih: $ 112 miliar)

Pada tahun 1994, Jeff Bezos meluncurkan Amazon.com Inc. (AMZN) setelah meninggalkan pekerjaan bergaji baik di hedge fund Wall Street. Dengan memulai Amazon sebagai penjual buku online yang sederhana, Bezos berharap untuk menguangkan pertumbuhan bisnis Internet yang cepat di tahun 90-an. Namun, selama bertahun-tahun, baik dia dan Amazon telah terbukti transformatif. Saat ini, Amazon adalah e-commerce multi-platform dan raksasa teknologi yang ada dalam bisnis segalanya mulai dari tablet, streaming film, dan e-tailing. Pada 2013, Bezos membeli The Washington Post, dan meskipun banyak yang memperkirakan perubahan besar, ia meninggalkan koran itu sebagian besar tidak berubah. Amazon mengakuisisi Whole Foods Market pada 2017. Pada 2018 Amazon.com menjadi perusahaan triliun dolar pertama berdasarkan kapitalisasi pasar dalam sejarah.

10 Jenius Teknologi Terkaya dan Paling Sukses