Zuckerberg Menyumbangkan $ 200 Juta Untuk Yayasan Komunitas Silicon Valley Saat Mempekerjakan CEO Baru

Pendiri dan CEO Facebook FB Mark Zuckerberg dan dokter istrinya Priscilla Chan menyumbangkan $ 214 juta saham Facebook kepada Silicon Valley Community Foundation pada hari Kamis, menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa yang diterbitkan pada hari Jumat. Donasi datang pada hari yang sama organisasi nirlaba mengumumkan presiden dan CEO baru untuk menggantikan mantan pemimpin yayasan, Emmett Carson, yang mengundurkan diri pada Juni menyusul tuduhan oleh karyawan pelecehan saat ini dan mantan karyawan di tempat kerja dan manajemen yang buruk.

Zuckerberg telah menyumbang ke Silicon Valley Community Foundation (dikenal sebagai SVCF) di masa lalu. Hadiah baru ini membawa total sumbangannya kepada yayasan sedikit lebih dari $ 1,96 miliar, semuanya dalam bentuk stok Facebook. Zuckerberg dan istrinya memberikan donasi terbaru mereka melalui Chan Zuckerberg Initiative (dikenal sebagai CZI), entitas filantropi, advokasi dan dampak investasi mereka. CZI mengkonfirmasi donasi $ 214 juta tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

CEO SVCF yang baru bernama Nicole Taylor, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden Arizona State University Foundation, mengawasi pemberian tahunan, perencanaan harta dan hadiah serta hubungan yayasan. Dia akan memulai perannya pada 19 Desember, menurut yayasan.

Sementara SVCF tumbuh dengan tenang, pada awal 2018 ia memiliki lebih dari $ 13,5 miliar dalam aset yang dikelola, menjadikannya fondasi komunitas terbesar di negara ini yang diukur dengan aset. Itu tumbuh berkat hadiah besar ratusan juta dolar, dalam beberapa kasus dari beberapa orang terkaya di dunia. Forbes mendokumentasikan pada bulan Mei bahwa setidaknya 16 miliarder (lihat di sini untuk nama mereka) telah menyumbangkan setidaknya $ 3,8 miliar untuk yayasan, sebagian besar dalam enam tahun terakhir.

Forbes menerbitkan penyelidikan pada bulan Mei yang merinci gaya manajemen Carson, tingkat turnover tinggi yayasan dan keluhan tentang manajemen oleh mantan karyawan serta rincian tentang sumbangan dari pusat-pusat teknologi ke yayasan, termasuk sumbangan $ 1,75 miliar pada saham Facebook oleh Zuckerberg dan hadiah dari pendiri WhatsApp, Netflix NFLX + 0% CEO Reed Hastings dan pendiri Facebook Dustin Moskovitz dan istrinya Cari Tuna.

Kebanyakan orang menyumbang ke SVCF menggunakan sesuatu yang disebut dana yang disarankan donor, yang seperti rekening bank amal yang menyimpan aset sampai donor ingin membubarkan sebagian atau seluruh uang itu ke organisasi nirlaba. Donatur dapat mengurangi 30% dari pendapatan kotor yang disesuaikan ketika berkontribusi pada dana yang disarankan donor, sehingga mereka sangat menarik di tahun-tahun ketika ada tagihan pajak yang besar setelah, katakanlah, menjual perusahaan Anda atau menjual saham dalam IPO.

Carson, Forbes melaporkan, dibayar hampir $ 1 juta per tahun, dan bangga dengan fakta bahwa di bawah pengawasannya, aset yayasan tumbuh dari kurang dari $ 1 miliar menjadi $ 13,5 miliar. Tetapi di sepanjang jalan, dia mengawasi sebuah organisasi di mana perilaku melecehkan tidak terkendali dan seringkali tidak dilaporkan.

Firma hukum Boies Schiller Flexner melakukan penyelidikan terhadap tuduhan terhadap Carson. Ketika penyelidikan selesai pada bulan Juni, yayasan menerbitkan ringkasan dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “banyak tuduhan dari karyawan saat ini dan mantan didukung” dan bahwa “SVCF jelas gagal untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman dan inklusif bagi karyawannya.”

Pernyataan dewan yayasan juga mengatakan Carson akan meninggalkan pekerjaannya di SVCF, tanpa menentukan apakah Carson mengundurkan diri atau dipecat, atau apakah ia dibayar pesangon atau tidak. Carson tidak dapat dihubungi pkv games untuk memberikan komentar pada saat itu, tetapi ia mengeluarkan pernyataan pada bulan Juni yang memuji pencapaiannya di SVCF dan mengemban tanggung jawab atas perilaku melecehkan di arlojinya. Dewan juga mengeluarkan permintaan maaf pada bulan Juni: “Perilaku di tempat kerja yang tidak dapat diterima yang terjadi di SVCF sebagaimana dijabarkan dalam laporan investigasi seharusnya tidak pernah terjadi dan tidak ada alasan untuk itu. Kami sangat menyesal kepada seluruh komunitas kami, terutama karyawan kami dulu dan sekarang. “

Kepergian Carson terjadi dua bulan setelah mantan eksekutif nomor dua yayasan itu, Mari Ellen Loijens, kepala bisnis, pengembangan dan brand officer, mengundurkan diri setelah Chronicle of Philanthropy menerbitkan sebuah artikel yang merinci dugaan perilaku pelecehan Loijens.

SVCF menyewa perusahaan pencarian internasional Spencer Stuart untuk membantu menemukan pemimpin barunya. Sebelum bekerja di Arizona State University Foundation, Taylor adalah wakil rektor urusan kemahasiswaan dan dekan pelibatan dan keragaman masyarakat di Stanford University, dan menjabat sebagai presiden dan CEO Menlo Park, Yayasan Thrive Foundation for Youth yang berbasis di Calif, yang berfokus pada organisasi nirlaba tentang pengembangan anak muda usia 10 hingga 18. Dia menerima gelar master dalam pendidikan dan sarjana biologi manusia dari Stanford.

“Akar saya ada di Bay Area, sektor nirlaba dan filantropis, dan saya telah tinggal di wilayah ini hampir sepanjang masa dewasa saya,” kata Taylor dalam sebuah pernyataan, Kamis. “Lembah Silikon adalah wilayah yang sangat kontras, di mana terdapat tantangan sosial yang mendalam sering tertutupi oleh budaya inovasi tingkat tinggi. Ada pekerjaan penting yang harus dilakukan dalam kemitraan dengan para donor kami, organisasi masyarakat kami dan para pemimpin masyarakat dan bisnis kami. ”

Mark Zuckerberg Cofounder, Chairman and CEO, Facebook

  • Setelah menghadapi satu tahun lagi kritik karena membiarkan berita palsu di Facebook, CEO Mark Zuckerberg mengatakan prioritasnya pada 2019 adalah mengatasi masalah sosial.
  • Pada Juli 2019, Komisi Perdagangan Federal mendenda Facebook $ 5 miliar, penalti terbesar dalam sejarah, karena melanggar privasi konsumen.
  • Zuckerberg memulai Facebook di Harvard pada tahun 2004 pada usia 19 tahun bagi siswa untuk mencocokkan nama dengan foto teman sekelas.
  • Pada Desember 2015, Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, berjanji untuk memberikan 99% saham Facebook mereka selama masa hidup mereka.
Zuckerberg Menyumbangkan $ 200 Juta Untuk Yayasan Komunitas Silicon Valley Saat Mempekerjakan CEO Baru